Tarian Naga Cina Sejarah dan Gaya

Tarian Naga Cina Sejarah dan Gaya

Tarian Naga Cina Sejarah dan Gaya – Tarian naga telah menjadi bagian tak terpisahkan dari festival Tiongkok sejak zaman kuno. Dengan tersebarnya orang-orang dan budaya Tionghoa di seluruh dunia, tarian naga telah dibawa ke setiap sudut dunia tempat berkumpulnya orang Tionghoa perantauan. Itu telah menjadi simbol budaya Cina.

Tarian Naga Cina Sejarah dan Gaya

Apa yang Dilambangkan Naga?

Naga adalah simbol Cina, dan merupakan bagian penting dari budaya Cina. Naga Cina melambangkan kebijaksanaan, kekuatan dan kekayaan, dan mereka diyakini membawa keberuntungan bagi orang-orang. idn poker

Asal Usul Tarian Naga Cina

Asal usul tarian naga dapat ditelusuri kembali ke Dinasti Han (206 SM–220 M). Kemudian digunakan dalam upacara pemujaan leluhur dan berdoa meminta hujan, dan lambat laun berkembang menjadi kegiatan hiburan.

Pada Dinasti Tang (618–907) dan Dinasti Song (960–1279), itu telah menjadi kegiatan seremonial umum dalam festival seperti Tahun Baru Imlek.

Kostum Tari Naga

Kostum tari naga yang digunakan untuk tarian naga terbuat dari bahan-bahan seperti rumput, bambu, kertas, dan kain.

Jumlah sendi naga yang ganjil dianggap sebagai keberuntungan, sehingga orang sering membuat naga bersendi 9, naga bersendi 11, naga bersendi 13, atau bahkan naga bersendian 29. Naga yang terbuat dari lebih dari 15 sambungan terlalu berat untuk menari, dan terutama digunakan untuk pajangan, jadi jenis naga ini memberi bobot lebih pada dekorasi dan membanggakan tingkat kerajinan dan teknologi yang tinggi.

Tubuh naga ditenun dalam bentuk bulat dari potongan bambu tipis, segmen demi segmen, dan ditutupi dengan kain merah besar dengan sisik naga yang menghiasinya. Seluruh naga biasanya memiliki panjang hingga 30 meter — dan orang-orang memegang tongkat setiap 1 hingga 2 meter untuk menaikkan segmen naga.

Naga jenis lain, yang disebut ‘Naga Api’, sangat menarik perhatian di malam hari, karena lilin atau lampu minyak digantung di dalamnya. Potongan bambu tipis ditenun menjadi beberapa silinder, membentuk tubuh naga, dan ditutupi dengan kain atau kertas transparan yang indah — kulit naga. Pada malam hari terlihat seperti naga yang penuh dengan api.

Tarian Naga yang Khas

Tubuh naga yang digunakan untuk tarian naga biasanya ditempatkan di ‘Kuil Raja Naga’ setempat, dan hanya pada hari tarian naga dapat dibawa keluar, ditemani oleh penduduk setempat yang memegang spanduk dan bendera, menabuh genderang, dan meniup terompet. Orang-orang menghubungkan kepala dan ekor naga ke tubuhnya, dan mengadakan upacara “menunjuk mata”.

Seseorang memegang tongkat dengan bola besar di bagian atas memimpin naga selama tarian. Bola digerakkan ke kiri dan ke kanan, ke depan dan ke belakang, ke atas dan ke bawah, dan naga mengikuti bola. Tubuhnya, bergerak dalam gelombang, tampak menari.

Setelah tarian, kepala dan ekor naga akan dibakar, dan tubuhnya dikembalikan ke kuil, di mana ia akan disimpan untuk digunakan pada tahun berikutnya.

Naga disambut ke mana pun ia pergi, dan terkadang tim yang melakukan tarian naga dapat menerima jamuan makan hingga lima atau enam kali, yang disebut “naga bertukar anggur”.

Kapan dan Dimana Melihat Tarian Naga

Tarian naga biasanya dapat dilihat di Festival Musim Semi (Tahun Baru Imlek) dan Festival Lentera, tetapi terkadang perusahaan menugaskan tarian naga untuk membawa keberuntungan bagi bisnis mereka, terutama jika membuka cabang baru.

Anda dapat melihat tarian naga di banyak kota dan Chinatown di China, tetapi Hong Kong tetap menjadi ibu kota tarian naga. Parade Tahun Baru Imlek HK adalah kesempatan bagus untuk melihat tarian naga.

Gaya Tarian Naga di Tiongkok

Tarian Naga Selatan ()

Tarian naga selatan berasal dari selatan Sungai Yangtze.

Tubuh naga selatan dihiasi lebih halus, dan lebih berat dari naga utara. Gaya selatan menekankan momentum dan kekuatan, sehingga tidak memiliki gerakan yang lincah, tetapi memiliki tampilan yang megah.

Ukuran: Biasanya dibutuhkan 10 orang untuk membawa naga selatan 9 meter yang menari. Karena tarian naga selatan tidak fokus pada gerakan fleksibel, naga dapat dibuat sepanjang 20 meter, 100 meter, atau bahkan 1.000 meter (rekor yang dibuat di HK pada tahun 2012 adalah 5.605m!). Ukuran kepala naga dibuat sesuai dengan panjangnya.

Produksi: Naga selatan secara konvensional terbuat dari bambu dan kertas, dan kulit tubuhnya terbuat dari kain dengan sisik naga yang digambar di atasnya. Untuk menghemat waktu, terkadang orang mendesain pola dekoratif naga dengan komputer, dan memproduksinya dengan mesin.

Gerakan umum dari tarian naga selatan adalah melingkar, membuat bentuk ‘S’, dan mengangkat kepala naga di atas tubuh naga.

Tarian Naga Cina Sejarah dan Gaya

Tarian Naga Utara ()

Gaya ini dikembangkan di utara Sungai Yangtze. Tubuh dan kepala naga utara lebih kecil dari naga selatan, dan terbuat dari kertas atau serat tanaman, yang membuatnya jauh lebih ringan. Tarian naga utara sering berada di lingkungan yang gelap, jadi naga utara biasanya dibuat dengan bahan berpendar.

Bentuknya dirancang untuk memenuhi kebutuhan gerak tari yang fleksibel, seperti memutar kepala ke kiri dan ke kanan. Berbeda dengan naga selatan yang berfokus pada kekuatan, naga utara lebih menekankan pada fleksibilitas dalam gerakan menarinya. Gaya utara lebih mirip dengan tarian singa.

Saat ini, naga utara lebih populer di seluruh dunia. Kompetisi dan pertunjukan sering diadakan di Cina, Hong Kong, Malaysia, dan Singapura.