Seni Pemotongan Kertas Cina, Populer karena Biaya Rendah dan Keseniannya

Seni Pemotongan Kertas Cina, Populer karena Biaya Rendah dan Keseniannya

Seni Pemotongan Kertas Cina, Populer karena Biaya Rendah dan Keseniannya – Pemotongan kertas adalah salah satu kerajinan dekoratif Cina yang paling populer. Ini populer karena biaya rendah dan keseniannya. Wanita pedesaan sering membuat guntingan kertas di waktu luang mereka ketika pertanian tidak sibuk. Sebagai cerminan dari asal-usul filosofisnya, pemotongan kertas bersifat menyeluruh sekaligus menarik. Selain itu, pemotongan kertas rakyat menyampaikan isi dan sifat budaya tradisional dengan bahasanya sendiri yang khas.

Seni Pemotongan Kertas Cina, Populer karena Biaya Rendah dan Keseniannya

Sejarah

Sejarah pemotongan kertas dapat ditelusuri kembali ke abad ke-6. Dari abad ke-7 hingga ke-13, pemotongan kertas menjadi populer terutama selama festival Cina. Seni menyebar ke seluruh dunia pada abad ke-14. idnplay

Di daerah pedesaan, pemotongan kertas secara tradisional merupakan kerajinan tangan bagi perempuan. Di masa lalu, setiap gadis seharusnya menguasainya dan pengantin sering dinilai berdasarkan keterampilan mereka. Seniman pemotong kertas profesional, di sisi lain, biasanya laki-laki yang memperoleh penghasilan terjamin dengan bekerja di bengkel.

Bahan yang Digunakan

Stek kertas terutama digunakan dalam ritual regional, dekorasi dan gaya. Di masa lalu, kertas dipotong menjadi gambar orang atau benda seperti uang dan pakaian, yang dikubur bersama orang mati atau dibakar di pemakaman. Ini adalah takhayul bahwa hal-hal yang dibakar atau dikubur akan menemani orang mati di dunia lain.

Stek kertas juga digunakan untuk menghias pengorbanan. Saat ini, potongan kertas digunakan sebagai hiasan, dan biasanya dibuat dengan kertas merah, yang merupakan warna paling populer dan menguntungkan dalam budaya Tiongkok. Mereka menghiasi dinding, jendela, pintu, pilar, cermin, lampu dan lentera, dan mereka sendiri juga dapat diberikan sebagai hadiah. Potongan kertas juga digunakan sebagai pola cetakan untuk membuat bordir dan lukisan semprot.

Stek kertas populer karena ekspresi keinginan dan harapan mereka. Pada zaman dahulu, terbatasnya wilayah, terbatasnya budaya serta terjadinya bencana alam membuat manusia mendambakan kehidupan yang lebih bahagia. Harapan untuk kekayaan, kesehatan dan umur panjang disampaikan melalui potongan kertas. Misalnya, selama Tahun Baru Imlek, karakter ‘Fu (福, berkah)’ ditempel terbalik di pintu untuk mengekspresikan keinginan orang-orang akan datangnya ‘Fu’.

Pada upacara pernikahan, potongan kertas merah dengan karakter ‘Xi (囍, kebahagiaan ganda)’ adalah dekorasi tradisional dan penting, sedangkan pola boneka, labu atau teratai melambangkan keinginan untuk anak-anak. Pada pesta ulang tahun orang tua, potongan kertas dengan karakter ‘Shou (寿, longecity)’ sering terlihat.

Pembuatan Potongan Kertas

Sangat mudah untuk mempelajari cara membuat potongan kertas, dan alat yang dibutuhkan hanyalah selembar kertas dan pisau atau gunting. Tetapi untuk menguasai seni ini sama sekali tidak mudah karena membutuhkan banyak usaha, latihan, keahlian dan imajinasi.

Ada dua cara membuat stek kertas, yang pertama menggunakan gunting, dan yang kedua menggunakan pisau. Stek gunting dapat membuat beberapa potongan kertas sekaligus dengan memotong beberapa kertas bersama-sama, sedangkan stek pisau dibuat pada campuran rawa abu dan lemak, yang hanya dapat membuat satu potong pada satu waktu.

Kategori

Ada terutama 3 kategori pemotongan kertas, masing-masing dengan fitur yang berbeda.

Sekolah Selatan

Perwakilannya adalah pemotongan kertas Foshan di Provinsi Guangdong dan stek kertas rakyat Provinsi Fujian. Yang pertama ketat, dekoratif, elegan, dan indah. Yang terakhir memiliki fitur yang berbeda dalam hal temanya, di antaranya bunga hadiah Putian adalah yang paling istimewa.

Seni Pemotongan Kertas Cina, Populer karena Biaya Rendah dan Keseniannya

Sekolah Jiangzhe (Provinsi Jiangsu dan Zhejiang)

Perwakilannya adalah stek kertas Yangzhou di Provinsi Jiangsu, dan stek kertas rakyat Provinsi Zhejiang. Yang pertama adalah spiritual dan elegan. Yang terakhir berfokus pada tema bunga, buah-buahan, burung dan ikan.

Sekolah Utara

Perwakilannya adalah stek kertas Provinsi Shanxi, stek kertas rakyat Provinsi Shaanxi dan stek kertas rakyat Provinsi Shandong. Stek kertas di Provinsi Shanxi relatif sederhana dan ringkas di antara ketiganya. Potongan kertas Provinsi Shaanxi memiliki bentuk yang aneh dan konotasi yang menarik. Potongan kertas di Provinsi Shandong memiliki gaya estetika yang unik dan tak terkendali dengan pola yang kaya.