Seni Pembuatan Lentera Cina

Seni Pembuatan Lentera Cina

Seni Pembuatan Lentera Cina – Lentera Cina yang paling umum berwarna merah, berbentuk oval, dan dihiasi dengan jumbai merah atau emas. Biasanya, mereka datang dalam berbagai bentuk termasuk persegi, persegi panjang, dan bola.

Seni Pembuatan Lentera Cina

Kapan Lentera Cina Diciptakan?

Sejarawan percaya bahwa orang Cina pertama kali mulai membuat lentera tradisional selama Dinasti Han Timur (25-220). sbobet88

Mengapa Lentera Diciptakan?

Penggunaan asli lentera terutama sebagai sumber cahaya. Mereka digunakan baik di dalam maupun di luar untuk memberikan cahaya teduh untuk membaca dan bekerja. Perlindungan dari angin yang diberikan oleh sutra dekoratif atau naungan kertas membuat lentera tidak padam bersama angin.

Bagaimana Lentera Digunakan?

Di Cina kuno, mereka digunakan untuk memberikan cahaya dan akhirnya sebagai aspek ibadah Buddhis. Saat ini, mereka hanya digunakan untuk dekorasi dan bentuk perayaan dan pemujaan modern. Lentera telah menjadi simbol kebanggaan nasional di Cina dan digunakan untuk menghias rumah dan tempat umum.

Jenis Lentera

Ada tiga jenis lentera utama yang digunakan di seluruh China.

Lentera Gantung

Jenis lentera yang paling umum adalah varietas gantung. Lentera hias ini digantung di rumah dan ruang publik. Di kota dan di pedesaan, Anda dapat melihat lampion menghiasi lampu jalan, bangunan umum, dan toko. Banyak rumah juga akan memasang beberapa lentera dekoratif di jendelanya, terutama selama musim festival.

Lentera yang digantung pada Tahun Baru Imlek dianggap dapat menakuti monster Nian dan membawa keberuntungan.

Lentera Terbang

Pada acara-acara khusus, seperti Festival Pertengahan Musim Gugur, Anda dapat melihat jenis unik lentera mengambang yang dilepaskan ke langit malam di atas Tiongkok. Lentera udara ini didorong oleh naiknya udara panas yang dihasilkan oleh nyala api di dalamnya. Mereka indah untuk ditonton dan sering dilepaskan dalam kelompok besar untuk efek yang lebih menarik.

Lentera Mengambang

Perayaan lentera, seperti Festival Perahu Naga, yang berlangsung di dekat sungai, kolam, dan danau akan sering menampilkan lentera mengambang. Varietas ini hadir dalam berbagai bentuk, seperti desain lotus yang ditampilkan di sini. Mereka dinyalakan dan ditempatkan dalam kelompok besar untuk menciptakan tontonan yang indah di atas air.

Sejarah

Lentera Cina pertama ditemukan pada Dinasti Han Timur (25-220 M) dan digunakan sebagai lampu dan untuk pemujaan Buddha. Lentera menjadi dikenal luas oleh masyarakat umum, terutama pada saat festival. Pada Dinasti Tang (618–907 M) lentera dibuat untuk merayakan kehidupan damai masyarakat dan menghadirkan Tiongkok sebagai negara yang kuat.

Seni Membuat Lentera

Bahan untuk membuat lampion sangat sederhana. Secara historis, bambu, kayu, rotan, atau kawat digunakan untuk bingkai. Bayangan itu dibuat dari kertas halus atau sutra. Lentera sering dihiasi dengan kaligrafi Cina, lukisan, pemotongan kertas, dan bahkan bordir.

Lentera Sebagai Simbol Status

Sementara lentera Cina paling awal diciptakan untuk penggunaan praktis di rumah dan sebagai penerangan jalan masuk, mereka akhirnya menjadi sangat hias, dan simbol status.

Ini terbukti dari bagaimana lentera merah banyak digunakan di Kompleks Keluarga Qiao, yang dibangun pada Dinasti Qing, serta di gerbang kompleks perumahan Siheyuan, khas Beijing, tetapi juga terlihat di tempat lain di Tiongkok.

Perayaan Lentera Di Tiongkok

Meskipun tidak ada lagi kebutuhan praktis untuk lentera Cina, mereka masih dibuat, digunakan, dan dinikmati oleh orang-orang Cina selama festival. Jalan-jalan baik di kota besar maupun kota kecil dihiasi dengan lampion merah saat Imlek, Festival Pertengahan Musim Gugur, dan Festival Lentera.

Festival Lentera adalah salah satu hari terbaik untuk melihat lentera Cina dalam tindakan. Itu selalu diadakan pada hari ke-15 bulan lunar Cina pertama. Festival ini dipandang sebagai akhir dari perayaan Tahun Baru Imlek dan dirayakan dengan pelepasan lampion yang melayang dan terbang di langit.

Tempat Terbaik Untuk Melihat Lentera Cina

Jika Anda ingin melihat lentera Cina sendiri, ada beberapa tempat utama untuk dikunjungi. Beijing, Hong Kong, dan Nanjing adalah semua kota populer yang menampilkan pertunjukan lentera yang luar biasa selama perayaan nasional. Di Beijing, pameran kuil diadakan di berbagai tempat, dan lentera dapat dilihat di mana-mana selama ibadah dan perayaan.

Teka-teki lentera

Menebak arti teka-teki lentera adalah kebiasaan rakyat yang unik selama Festival Lentera Cina yang terkenal.

Di Tiongkok kuno, setiap keluarga menggantung lentera warna-warni di gerbang. Beberapa orang menulis teka-teki di selembar kertas dan menempelkannya di lentera. Jawabannya harus ditebak dari sebuah kata, puisi, atau frase.

Desain Lentera

Di Tiongkok kuno, peserta Festival Lentera berkompetisi setiap tahun untuk menghasilkan lentera yang paling mengesankan.

Saat ini, desain lentera terbaik di Tiongkok – kecuali yang dipesan untuk Istana Kekaisaran – sekarang menjadi milik umum dan secara bebas disalin oleh banyak keluarga Tiongkok.

Seni Pembuatan Lentera Cina

Menangkap Sekilas Lentera Cina

Ingin melihat lentera Cina dari dekat? Biarkan China Highlights merencanakan tur Anda ke tempat-tempat wisata terbesar di China dan lihat sendiri keajaibannya dengan tur festival kami.

Kami menawarkan tur terstruktur melalui sorotan budaya dan sejarah Tiongkok. Rencanakan tur kustom Anda sendiri selama festival pilihan Anda untuk pemotretan yang indah dan pemandangan lentera Cina yang menakjubkan.